Jurus Memar: Jurus Jitu Menentukan Tempat Kuliah

Menentukan Tempat Kuliah
Konon masa ini adalah masa penentu masa depan. Barang siapa yang bersungguh-sungguh, hidupnya tak akan penuh keluh.
Susana Devi Anggasari

Udah Februari saja nih, Kawan Suzan. Bagi yang sedang kelas 12 SMA/ SMK atau jadi orang tua yang anaknya sedang di penghujung masa putih abu-abu, pasti sedang dag-dig-dug. Sebentar lagi, satu fase kehidupan baru akan dimulai. Yeaaay … KULIAH!

Kawan Suzan, bagaimana sih cara memilih perguruan tinggi yang pas buat kamu? Ssst, sini aku bisikin. Aku punya jurus jitu agar kamu enggak nyesel milih tempat kuliah.  Sebelum memilih tempat kuliah, terapkan jurus MeMaR (MEnyenangkan, MenjAjikan, dan Ringan) untuk memantapkan pilihan kamu.

Kalau kubilang sih, kuliah itu menentukan masa depan kamu. Masa kuliah adalah jembatan antara dunia ketergantungan ke dunia serba mandiri. Namanya juga jembatan, kita masih bisa pegangan. Pegangan sama orang tua, terutama untuk keperluan finasial. Nah, selepas menyeberangi jembatan ini nih, bagaimana kemampuan kita bertahan hidup dipertaruhkan. Dunia yang sebenarnya. Enggak sulit-sulit amat sih, tapi juga enggak selalu mudah.

Makanya, ini yang aku bilang mengapa kuliah itu menentukan masa depan. Sebelum kamu masuk kuliah, kamu harus tahu dulu mengapa kamu harus berkuliah. Nah … jika sudah tahu mengapa kamu harus kuliah, kamu juga harus punya alasan yang masuk akal kenapa harus kuliah di jurusan dan perguruan tinggi yang kamu pilih. Jangan sampe deh fase nyeberang jembatan ini bikin kamu nyasar dan tak tahu arah nantinya, apalagi sampai nyebur ke kali.

Jurus MeMaR untuk Tentukan Pilihan Kuliahmu

Kawan Suzan, bagaimana sih cara memilih perguruan tinggi yang pas buat kamu? Ssst, sini aku bisikin. Aku punya jurus jitu agar kamu enggak nyesel milih tempat kuliah.  Sebelum memilih tempat kuliah, terapkan jurus MeMaR (MEnyenangkan, MenjAjikan, dan Ringan) untuk memantapkan pilihan kamu.

Menentukan Tempat Kuliah

1. MEnyenangkan

Kuliah itu bukan kegiatan ang sehari atau dua hari selesai. Kalau kamu mau sampai garis finish dengan hasil yang maksimal, tentu kamu harus bahagia dulu. Jangan cuma bayangin kalau kuliah itu enak. Kagak usah pakai seragam, dipaggil mahasiswa, diberi kebebasan lebih sama ortu, bisa tongkrong sana-tongkrong sini eh tahu-tahu lulus cepet dengan predikat terbaik. Yang beginian mah hanya ada di sinetron.

Kalau kamu hidup di dunia nyata, harus ada kerja keras. Tugas dan laporan, presentasi, bimbingan dosen adalah hal-hal yang bakal kamu akrabi. Kalau kamu udah enggak seneng, bisa-bisa kamu melambaikan tangan ke kamera. Berhenti. Gagal.

2. MenjAnjikan

Nah, kalau udah tahu bakat sama minat kamu, langkah selanjutnya adalah menentukan jurusan yang akan diambil. Menentukan jurusan ini enggak boleh sembrono. Paling tidak, apa yang akan kamu pelajari selama kuliah sebisa mungkin kamu gunakan ketika kamu lulus nantinya.

Kaitkan bakat dan minat kamu dengan karier atau pekerjaan yang nanti ingin kamu capai. Contohnya, kamu suka dan bisa menulis. Kamu ingin sekali menjadi penulis, maka jurusan sastra atau jurusan jurnalistik bisa menjadi pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Jika kamu punya jiwa bisnis dan setelah lulus lebih tertarik berwirausaha ketimbang jadi karyawan, maka jurusan ekonomi dan bisnis bisa jadi pilihan yang layak kamu ambil.

Setelah  menentukan jurusan, langkah selanjutnya adalah mengecek akreditasi perguruan tinggi termasuk akreditasi jurusan yang akan kita ambil. Mengapa ini menjadi penting? Karena akreditasi menjadi semacam standar kualitas bagi penyelenggara pendidikan. Usahakan memilih jurusan dan perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B. Akreditasi B adalah akreditasi aman untuk berkompetisi di dunia kerja. Beberapa perusahaan terkadang mensyaratkan hal ini untuk pelamar kerja.

Selain peluang masa depan dan akreditasi, hal yang enggak kalah penting yang harus kamu pertimbangkan adalah bagaimana kualitas lulusan perguruan tinggi yang kamu pilih. Kalau alumni perguruan tinggi yang kamu incar memiliki karier yang baik atau prestasi yang membanggakan, ini bisa menjadi poin lebih buat kamu tambah yakin sama pilihan kamu.

3. Ringan

Ramuan yang terakhir, ringan. Yups! Memilih tempat kuliah haruslah sesuai kemampuan dan tidak memberi beban terlalu berat pada orang tua, terutama bagi yang masih nyadong total. Keterjangkauan biaya menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan.

Selain biaya masuk dan semesteran, bantuan biaya pendidikan alias beasiswa juga patut diperhitungkan. Jadi, bisa jadi semacam penyeimbang gitu. Biaya kuliah mahal, tapi peluang beasiswa tinggi; kenapa tidak?

Selain biaya pendidikan, biaya hidup juga harus dipikirkan sejak awal. Biaya hidup di kota besar dan biaya hidup di kota kecil tentu saja berbeda. Akan menjadi sangat lucu apabila kamu kuat membayar kuliah karena biayanya ringan, tetapi kamu kewalahan sama biaya hidup karena kamu salah memilih tempat kuliah.

Jurus MeMaR Jadikan #UMPPilihanku

Di atas, sudah kuceritakan tentang jurus MeMaR. Dengan menerapkan jurus ini, ternyata menjadikan #UMPPilihanku. Kenapa bisa begitu?

1. Menyenangkan

Perguruan tinggi yang berada di Purwokerto ini mempunyai dua kampus, satu di Jalan Raya Dukuhwaluh dan satunya lagi di Jalan Letjen Soepardjo Roestan. UMP mempunyai beragam jurusan yang dapat kamu pilih, tentunya jurusan-jurusan itu dapat kamu sesuaikan sama bakat dan minatmu. Saat ini, UMP sudah mempunyai 11 fakultas: keguruan dan ilmu pendidikan, ekonomi dan bisnis, farmasi, agama Islam, ilmu kesehatan, pertanian, psikologi, sastra, teknik dan sains, hukum, dan kedokteran. Bahkan, UMP juga sudah memiliki program pascasarjana.

Lengkap banget kan pilihan yang ada di UMP? Nah, sekarang coba deh lihat kekuatan dirimu! Gali lagi, apa sih kira-kira bakat dan minat kamu? Lalu, jadikan #UMPPilihanku sebagai tempat kuliah.

2. Menjanjikan

Sebelas fakultas yang dibuka di UMP memberi banyak pilihan jurusan. Pilihan yang ditawarkan pun mempunyai peluang yang bagus untuk masa depan kamu. Kamu bisa jadi guru, pebisnis, ahli kesehatan, bahkan dokter.

Soal akreditasi? Jangan diragukan! Perguruan tinggi yang menduduki peringkat ke-6 dalam Top 10 Universitas di Jawa Tengah versi Uni Rank ini sudah berakreditasi B. Sebagai perguruan tinggi swasta, tentu saja ini membanggakan, lho! Soal kredibilitas pengajar? Tak perlu diragukan. Pengajar-pengajar di UMP sudah terbilang mumpuni di bidangnya. Mereka adalah lulusan S-2 dan S-3 di berbagai perguruan tinggi ternama.

3. Ringan

Walaupun biaya masuk pendidikan di UMP tidak semurah di perguruan tinggi negeri, tetapi termasuk dalam kategori yang terjangkau. Nilai lebih yang memenuhi kriteria jurus “ringan” adalah perguruan tinggi ini mempunyai banyak beasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswanya, seperti hadiah kalau kamu menang lomba ini misalnya. Yups, untuk kategori pelajar, hadiah lomba blog yang diseleggarakan UMP adalah beasiswa kuliah di UMP. Keren, kan?

Selain banyaknya beasiswa yang bisa kamu dapetin, biaya hidup di UMP termasuk murah pake banget. Dibanding perguruan tinggi yang berada di kota-kota besar, biaya kost dan makan di UMP terbilang murah.

Bangga dan Asyik Kuliah di UMP

Perguruan tinggi yang merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purwokerto ini berdiri sejak 5 April 1965. Melihat kiprahnya dalam dunia pendidikan, tentu pengalaman UMP tidak diragukan lagi. Enggak salah deh menjadikan #UMPPilihanku.

Ranking UMP
Sumber: Instagram UMP

 

Memiliki visi unggul, modern, dan Islaminya, UMP benar-benar mempersiapkan diri agar memiliki lulusan yang kompetitif. Asam garamnya dunia pendidikan menjadikan UMP terus berbenah dan menjadi lebih baik.  UMP masuk ke dalam lima besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia dan menduduki peringkat ke-70 perguruan tinggi se-Indonesia. UMP juga memiliki 38 prodi unggulan yang mempunyai visi mencetak lulusan unggul di bidangnya.

Selain keseriusannya menjadi universitas unggulan, UMP juga serius menjadikan #UMPMakinMendunia. Hal itu diimbangi dengan menyediakan sarana-prasarana yang modern juga membuat program-program yang keren. UMP memiliki perpustakaan universitas yang terakreditasi A, pusat bahasa yang berstandar nasional, dan laboratorium pusat unggulan penelitian yang modern. UMP juga menjalin kerja sama dengan lembaga atau instansi, baik dalam dan luar negeri. Selain itu, UMP menjadi salah satu destinasi bagi mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan dan melakukan riset. UMP juga mempunyai program unggulan PPL Internasional. Hal ini tentu saja menjadi bukti bahwa  #UMPMakinMendunia.

Bagaimana, mudah bukan menetukan tempat kuliah dengan jurus MeMaR? Mudah-mudahan buat kalian yang sedang mempersiapkan Ujian Nasional diberi kelancaran dalam mengerjakan ujian. Jangan sampai salah menentukan tempat kuliah! Start Here Go Anywhere.

***

Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog UMP 2019

23 komentar untuk “Jurus Memar: Jurus Jitu Menentukan Tempat Kuliah”

  1. Jamanku dulu kuliah banyak yg kuliah asal aja ambil jurusan. Ada yg berpikir yg penting kuliah, ambil jurusan yg gampang2 aja biar cepet lulus, tanpa berpikir jauh ke depan, habis ini memangnya aku mau ngapain, mau jadi apa. Cocok ga jurusan yg kuambil dgn impianku. Mudah2an sih sekarang udah pada punya visi misi ke depan yaa sblm menentukan tempat kuliah.

  2. ketika aku kuliah, enggak baca tulisan ini, jadi terjebak, wkwkwk. dulu waktu mau kuliah bingung mau ambil jurusan apa karena enggak tau passionnya apa. akhirnya ambil teknik informatika di IT Telkom. lalu, pas kuliah jeng jeng, enggak paham lah itu apaan ngoding, Ya Allah, rasanya enggak yakin bisa lulus. Eh tapi Alhamdulillah 4 tahun berhasil lulus meski IPK pas2an wkwkwk, eh tapi sekarang jadi penulis dan blogger juga enggak jauh2 dari kodingan kalo ada yang minta renovasi blog, ya kudu ngoding, lucu, wkwkwk

  3. Coba pas dulu saya lulus sma udah ada tulisan ini hehe…tapi jurusan yg saya pilih juga sesuai dg passion saya…nanti saya mau kasih tulisan ini ke anak murid saya yg mau lulus sma… 🙂

  4. Wah pas yah UMP ini menyenangkan, menjanjikan dan juga ringan biaya kuliahnya. Selain itu masuk top 10 lagi yah. Nice info nih buat saudara yang memang siap-siap mau kuliah. Noted nih mbak

  5. Daku dulu termasuk salah jurusan karena kurang arahan pas SMA minat ke mana malah masuk ekonomi, Alhamdulillah jalan juga, tapi pasti lebih klik dan bahagia jika sesuai minat..keren ya UMP ini kualitasnya bagus

  6. wah..keren nih jurusnya…dan mudah diingat. Memar…. kata yang familiar…tapi memar disini punya arti bertolak belakang dgn memar pada umumnya heheh.. Yg ini justru disenangi dan membawa kenyamana😊😊

  7. Jadi ingat, zaman kuliah dulu ngambil jurusannya bukan karena suka tapi terpaksa. Meski demikian, Alhamdulillah, bisa selesai tepat waktu dengan nilai yang tidak terlalu mengecewakan.

  8. Kalau universitas muhammadiyah sih percaya kalau kualitasnya oke. Di Malang sini juga ada, prestasinya juga banyak. Tul banget…kuliah kudu menyenangkan biar kerasan dan semangat kelarin kuliah

  9. keren nih jurus Memarnya mbak..alhamdulillah dulu juga pas kuliah sesuai dengan passion dan bakat. Dan UMP ini kayaknya makin ciamik aja. Bagus ya universitas Indonesia makin berkembang dan maju 🙂

  10. Baca ini, seolah lagi ikut BK hihii, tapi bermanfaat banget informasi kayak gini. Soalnya, jamanku dulu gak ada yg kayak gini, jadi untuk saat ini bisa lebih terarah dan para calon mana pun diharapkan enggak salah arah dalam memilih #ehh..

Bagaimana Menurut Kalian?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.